FRONTROLL.COM
Selasa | 16 Juni 2015 14:19:24 WIB

FEATURE

Andalusia, Puncak Kejayaan Islam di Eropa

Redaksi - FRONTROLL.COM
Andalusia, Puncak Kejayaan Islam di Eropa
FRONTROLL.COM,-
Penaklukan Andalusia pada tahun 92 H dianggap sebagai sebuah perluasan dari gerakan penaklukan Islam secara umum yang pada awalnya didasari oleh keinginan untuk menyebarkan agama Islam dan menyampaikannya kepada seluruh manusia.

Kondisi negara pada masa Al-Walid bin Abdul Malik dari Dinasti Umayyah juga cukup mendukung untuk melanjutkan gerakan penaklukan, karena kondisi Negara Islam secara umum pada saat itu cukup kondusif dan stabil, sehingga mengakibatkan munculnya keinginan untuk berjihad di kalangan masyarakat umum, baik secara resmi maupun atas dorongan dari masyarakat sendiri.

Di samping itu, kondisi negara di Afrika juga stabil, dan kaum muslimin yang berada di sana juga telah menanti-nanti kesempatan untuk kembali berjihad. Andalusia sendiri pada saat itu dipimpin oleh bangsa Gotic dari barat dengan raja mereka Roderick.

Penduduk Andalusia saat itu telah banyak menderita akibat kezhaliman yang dilakukan oleh pemerintahan itu. Mereka juga telah banyak mendengar tentang apa yang telah dilakukan oleh kaum muslimin dalam memerintah Afrika, juga tentang baiknya perilaku mereka, dan keadilan mereka terhadap rakyat dalam hukum, sehingga mereka sangat berharap agar dapat masuk ke dalam pemerintahan Islam, karena mereka merasa bahwa hal itu juga berarti akan menyelamatkan mereka dari kezhaliman yang tengah mereka hadapi.

Di sisi lain, kaum muslimin juga telah berpikir untuk menaklukkan Andalusia sejak masa khilafah Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu. Ditambah lagi dengan banyaknya bangsa Barbar yang masuk Islam dengan penuh kesadaran, dan sebagian dari mereka juga ada yang ditugaskan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan militer di Afrika utara.

Semua ini menumbuhkan semangat yang besar di dalam diri mereka untuk menyebarkan Islam dan membuka wilayah-wilayah yang baru. Bagi mereka, Andalusia adalah negeri terdekat yang paling memungkinkan untuk ditaklukkan saat itu.

Musa bin Nushair, gubernur Afrika pada masa itu, juga telah mulai berpikir secara teknis tentang penaklukan Andalusia. Untuk itulah pada tahun 91 H ia mengirimkan sekelompok pasukan kecil yang beranggotakan 500 prajurit dan dipimpin oleh Tharif bin Malik untuk menyeberang menuju Andalusia.

Pasukan kecil ini berhasil memukul beberapa wilayah di selatan Andalusia dan kemudian kembali dengan selamat dan membawa banyak harta rampasan perang. Keberhasilan ini menjadi pendorong bagi Musa untuk menyiapkan pasukan yang lebih besar untuk melaksanakan penaklukan.

Perkembangan Peradaban

Umat Islam di Spanyol telah mencapai kejayaan yang gemilang, banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan juga dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks, terutama dalam hal kemajuan intelektual.

Dalam masa lebih dari tujuh abad kekuasaan Islam di Spanyol, umat Islam telah mencapai kejayaannya di sana. Banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa, dan kemudian membawa dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks.

Andalusia telah memiliki sistem perairan dan irigasi yang baik, namun bangsa Eropa bahkan belum mengenal istilah mandi. Ketika Andalusia sudah memiliki dokter-dokter ahli, bangsa Eropa menilai sakit itu adalah kutukan. Andalusia telah menciptakan kamar mandi dan wc, Inggris malah masih 'BAB' di kantong plastik dan membuangnya dijalan.
 
Mereka dapat mengambil air dari atas gunung dan membawanya turun dari gunung menggunakan pipa air, kanal, dan dikanalkan ke seluruh penjuru kota, sehingga setiap rumah dapat mengakses air. Dan mereka melakukan itu semua tanpa menghancurkan, membendung, atau menyumbat sesuatu, mereka mendesainnya dengan sangat lihai, mereka menggunakan gravitasi, ini cara yang alami untuk melakukan sesuatu.

Dan jika kalian pergi ke Granada sekarang, kalian akan melihat saluran airnya sudah digunakan sejak waktu umat Muslim, air mengalir ke segala penjuru dan inilah prestasi luar biasa yang mereka ciptakan! Matematika, astronomi, botani, sejarah, filosofi, dan yurisprudensi dikembangkan di Spanyol, dan hanya di Spanyol saja! Semua yang mendorong kemakmuran dan kemajuan suatu bangsa, semua yang mendorong perkembangan dan peradaban, ditemukan di Muslim Spanyol.
BERITA LAINNYA
  • Jokowi: Pengedar Narkoba Melawan Langsung Tembak Saja

    NASIONAL | 21 Juli 2017 18:36 WIBPresiden Joko Widodo sore ini menyampaikan pidatonya di hadapan kader PPP dalam acara penutupan Mukernas II PPP. Presiden juga sempat menekankan pentingnya perang melawan peredaran narkoba. Jokowi
  • Kenalan dengan Qute, Si Bajaj Roda 4 Pengganti Bemo

    MEGAPOLITAN | 21 Juli 2017 17:30 WIBJAKARTA - Moda transportasi mikro baru bermerek Bajaj ‎terlihat sudah hilir mudik di sekitar kawasan Mangga Dua, Jakarta, Jumat (21/7/2017). Dari identitas yang tertera pada bodi, alat
  • Prabowo Subianto Langsung Dukung Gugat UU Pemilu

    MEGAPOLITAN | 21 Juli 2017 17:20 WIBKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendukung rencana menggugat Undang-Undang Pemilu yang baru disahkan pemerintah dan DPR, ke Mahkamah Konstitusi. Salah satu isi UU yang dianggap memberatkan