FRONTROLL.COM
Jumat | 18 September 2015 09:07:33 WIB

MEGAPOLITAN

Pesaing Gojek, Blue Jek Resmi Beroperasi Hari Ini

Redaksi - frontroll.co.id
Pesaing Gojek, Blue Jek Resmi Beroperasi Hari Ini
frontroll.co.id,-
Peta persaingan moda transportasi menggunakan smart application semakin bertambah. Setelah sebelumnya booming dengan yang namanya Go-Jek dan Grab Bike, hadir lagi Blue-Jek yang mengubah ojek tradisional menjadi ojek yang profesional.

PT Blu-Jek Indonesia (Blu-Jek), perusahaan layanan ride sharing motor mengumumkan mulai beroperasi di Jakarta. Aplikasi Blu-Jek sudah dapat diunduh pada Kamis (17/9/2015) dan layanannya beroperasi efektif mulai hari ini, Jumat (18/9/2015).

Salah satu pendiri Blu-Jek Garrett Kartono mengakui cara kerja operasinya tak berbeda dengan layanan ride sharing sejenis, misalnya Go-Jek atau Grab Bike. Pengguna layanan cukup memasang aplikasi dan memesan Rider, sebutan untuk pengemudi Blu-Jek.

Saat memesan Rider, pengguna mesti menentukan lokasi penjemputan dan daerah yang dituju. Semua itu kemudian akan dihitung dengan tarif per kilometer.

"Cara kerja pakai apps, booking dan nanti langsung cari driver. Bedanya (dengan Go-Jek atau Grab Bike) dari sistem pembayaran berbeda, kita pakai (Bank) Mandiri e-cash," ujarnya dalam acara peluncuran Blu-Jek di Jakarta Selatan.

"Mungkin kita memang menawarkan layanan sama dengan ojek berbasis aplikasi lain, visi misi sama, untuk menawarkan layanan transportasi yang andal. Tapi kita gak melihat mereka sebagai kompetitor kok," imbuhnya.

Blu-Jek mematok tarif Rp 20.000 untuk lima kilometer pertama dan Rp 4.000 per kilometer berikutnya. Selama satu bulan sejak peluncuran hari ini, mereka memberikan promo gratis untuk Rp 25.000 pertama. Pengguna harus bayar selisihnya jika biayanya melebihi nilai tersebut. Pembayaran dapat dilakukan dengan tunai atau Mandiri e-cash.

Garrett mengatakan promo yang dia maksud berbentuk voucher, namun belum mengungkap lebih detil kapan akan mulai membagikan atau cara pengguna mendapatkan voucher itu.

Bukan Blue Bird

Sekilas melihat jaket pengemudi Blu-Jek yang dominan warna biru itu, pengguna akan teringat pada perusahaan taksi Blue Bird. Bahkan, karena kemiripan ejaan nama itu sempat beredar desas desus yang menyebut Blu-jek sebagai bagian dari perusahaan taksi itu.

Ketika hal ini dikonfirmasi langsung kepada pihak Blu-Jek. "Kami berdiri dengan nama PT Blu-Jek Indonesia, dan tidak terafiliasi dengan Blue Bird sebelumnya," kata Garrett Kartono, usai Peluncuran Blu-Jek, Kamis (17/9/2015) di Jakarta.

Menurut Garrett, perusahaannya resmi didirikan pada sekitar 4-5 bulan lalu. Bahkan aplikasi Blu-Jek juga baru mulai dikembangkan pada 4-5 bulan lalu.

Selain itu, Garrett mengaku, saat ini startup-nya masih didanai sendiri (self funding). Pihaknya enggan menyebutkan nilai investasi awal. Kendati begitu, Blu-Jek terbuka terhadap pendanaan dari luar.

Kini Blu-Jek resmi hadir di Tanah Air dengan 1.000 armada yang sudah siap beroperasi. Kehadiran Blu-Jek menambah daftar dua pemain ojek online yang sudah ada sebelumnya, yakni Gojek dan Grabbike. (*)
BERITA LAINNYA