FRONTROLL.COM
Kamis | 22 September 2016 15:28:03 WIB

PROPERTI

Kemen PUPR Siap Ajari Pengembang Bangun Rumah Instan

Bismarc Lesmana - frontroll.com
frontroll.com,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) sedang mengkaji pemanfaatan yang lebih luas dari pengembangan teknologi di bidang permukiman dan perumahan.

Salah satunya adalah produk rumah modular yang disebut rumah instan sederhana sehat (Risha), diklaim bisa selesai dibangun secara keseluruhan hanya dalam kurun waktu 2 hari.

Sekretaris Balitbang PUPR, Bernaldy mengungkapkan, rumah dengan sistem modular menjadi salah satu produk unggulan kementerian. Pemanfaatan pembangunan rumah dengan sistem ini dianggap bisa dijadikan sebagai solusi percepatan pembangunan sejuta rumah.

"Standar rumah itu kan hanya dua kamar, desainnya 6x6. Rumah ini Lebih mudah dan murah, cuma butuh dua hari untuk itu kami bisa kerjakan," jelas Bernaldy di kantornya, Kamis (22/9).

Bernaldy mengungkapkan harganya pun relatif murah yakni berkisar di harga Rp50-60 juta per unit. Jauh di bawah harga rumah saat ini yang mencapai ratusan juta rupiah.

Saat ini, Bernaldy mengaku tengah mengembangkan desain yang sangat menarik sehingga dapat diminati oleh masyarakat banyak.

"Penghematannya bisa teknologi bisa bahan bangunan, nah kami sedang mengkaji produk yang ada, termasuk Risha, kenapa tidak laku, Ternyata karena mahal, masyarakat bawah kan biasanya butuh satu lantai kenapa dibikin desainnya dua lantai," ungkap Bernaldy.

Dalam waktu dekat ia mengatakan akan mengajak para pengembang bekerja sama dalam peningkatan kualitas dan desain pembangunan rumah instan tersebut.
 
"Kita akan segera ajak pengembang, APERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman se Indonesia), Perumnas dan Perguruan Tinggi juga REI (Real Estat Indonesia) untuk melaksanakan program ini," tuturnya.
BERITA LAINNYA