Find and Follow Us

| : WIB
GAYA HIDUP

Inilah Buah Untuk Sembuhkan Kram

Oleh : Rusdi Afrizal | Sabtu, 20 Mei 2017 - 10:16:29 WIB | 4525 Views
[Foto : Istimewa/Frontroll]

FRONTROLL.COM, Semua orang pasti pernah merasakan gejala kram, entah itu di bagian otot kaki, lengan atau jari-jemari dan bagian tubuh lainnya. Jika kram tersebut membuat Anda sakit, tentu akan sangat menyakitkan dan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi gejalanya suka datang tiba-tiba.

Menurut ahli terapi fisik, sekaligus pemilik Rye Physical Therapy dan Rehabilitation, Matthew Hyland sebagaimana dilansir bloomberg, menyebutkan, kram di bagian tubuh disebabkan oleh banyak faktor.

“Banyak faktor pemicunya, mulai dari sekedar dehidrasi hingga yang serius seperti penyakit ginjal,” terangnya, seperti yang dikutip Popular, beberapa waktu lalu.

Selain itu, ada pula penyebab kram terjadi akibat efek dari latihan yang berlebihan, yang menyebabkan trauma otot. Sistem otot memiliki batas, yaitu puncaknya pada usia 20 tahun. Meski bisa dipertahankan, namun faktanya di usia 40 tahun kekuatannya sudah mulai melemah.

“Guna mencegah melemahnya otot, Anda bisa memulainya dengan banyak minum air mineral, karena dehidrasi pun bisa menjadi pemicu kram,” kata Matthew.

Anda juga sangat dianjurkan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan adalah pisang. Karena buah pisang kaya akan kalium (elektrolit yang dapat membantu mengontrol keseimbangan cairan dalam sel tubuh).

“Tubuh bisa kehilangan keseimbangan cairan akibat keluarnya air melalui keringat yang dapat memicu penyusutan otot dan kram. Maka dari itu pisang bisa mengatasi hal ini,” jelasnya.

Untuk itu, konsumsilah sedikitnya satu buah pisang sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan kalium sebanyak 15 persen. Hal ini juga baik guna menjaga fungsi jantung, kontraksi otot rangka, pencernaan, hipertensi, keropos tulang, bahkan hingga kanker.

Tag :

0 Komentar