Semangat Menyebarkan Berita Positif Hanson Tjung | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Sabtu | 05 Agustus 2017 | 00:00 WIB

SOSOK / TOKOH

Semangat Menyebarkan Berita Positif Hanson Tjung

Elisabeth Krist - FRONTROLL.COM
Semangat Menyebarkan Berita Positif Hanson Tjung
FRONTROLL.COM,-

 Di saat media sosial dan pemberitaan sarat dengan kontroversi dan hoax di era serba instan ini, Hanson Tjung tetap yakin untuk menjaga nilai-nilai kemanusiaan melalui karya-karyanya.  Dengan berpegang pada slogan “Whats Your Good News?”, Youtuber dari Tjung Productions ini dengan giat menggali dan menyebarkan semangat positif dan inspiratif dari masyarakat sekitarnya. Yuk, simak obrolan spontan dan penuh semangat frontroll.com dengan Hanson berikut ini.  

 

Hai, Hanson. Apa sih yang menginspirasi kamu untuk tetap bertahan pada value dan positifitas?

Kita cenderung menuju ke arah fokus kita. Jika kita terus fokus ke hal-hal yang tidak baik maka akan cenderung menjadi orang yang negatif, begitu pula sebaliknya. Melalui Tjung Productions, kami memiliki visi untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Dan untuk mencapai hal tersebut, tentu saja fokus kita harus tetap berada pada hal-hal yang baik dan positif. "Whats Your Good News" adalah cara kami untuk meyakinkan setiap orang bahwa di balik semua cerita, entah menyenangkan atau tidak, pasti tetap ada hal baik yang bisa diambil asal kita mau mencoba melihat dari perspektif tertentu.

Sebenarnya gimana sih pandangan Hanson pribadi tentang pemberitaan di Indonesia?

Memang tidak semua berita tidak baik, tapi manusia cenderung lebih suka mengingat yang tidak baik. Sehingga banyak orang yang menjadi khawatir dan cemas hanya karena pemberitaan di media saja. Kemudian pula banyak berita yang terlalu dibesar-besarkan sehingga muncul lebih banyak lagi opini baru yang sebenarnya bukan fakta. Saya prihatin jika kekhawatiran dan berbagai opini terus beredar, maka rasa toleransi akan berkurang di antara kita dan menjadi lebih egois.

Apa yang membuat Hanson percaya pada good news and positive content?

Setiap pribadi memiliki timbangan di dalam pikirannya, timbangan positif dan negatif. Pada saat kita mengisi pikiran kita dengan yang negatif, maka timbangan itu akan bergerak ke negatif. Wajar saja kita menjadi suka khawatir, stress, tidak tenang, mudah curiga, dan takut. Jika kita mau hidup kita lebih bahagia maka kita perlu mengarahkan timbangan itu ke arah positif. Caranya hanya dengan memberi beban pada bagian yang positif dan mengisi pikiran kita dengan hal-hal yang baik. Saat hal ini terjadi, saya yakin setiap kita akan menjadi lebih berbahagia, hubungan menjadi lebih harmonis, dan hidup akan menjadi lebih bermakna. Thats the power of good news and positive content!

Ceritain dong gimana sih perjuangannya untuk menjaga karya-karya kamu tetap positif.

Perjuangan dari dalam adalah saat berusaha menjaga diri sendiri dan tim supaya tetap positif. Tapi dengan komunikasi dan adanya komunitas yang baik, kami semakin bisa mempertahankan semangat positif ini. Sedangkan untuk perjuangan dari luar, banyak yang ingin kami untuk membuat sesuatu yang terkadang tidak sesuai dengan visi kami. Kami harus berani untuk mengatakan tidak walaupun dalam hal komersil mungkin cukup menggoda.

Pilih viral tapi kontroversial, atau traffic-nya moderate tapi kontennya tetap terjaga? Why?

Saya pilih viral tapi konten tetap terjaga. Haha. Kenapa? Banyak juga kok orang yang ternyata haus akan konten yang positif. Moderate atau viral itu hanyalah sebuah bonus. Yang terpenting adalah berkarya dengan tujuan. Penghargaan kami tidak datang dari 1 milyar viewer atau subscriber, tapi dari 1 pribadi yang terkena dampak baik dari video kami.

Apa harapan dan cita-cita Hanson untuk ke depannya?

Saya berharap karya-karya dari Tjung Productions bisa menyentuh dan mengubah banyak pribadi menjadi lebih baik dimanapun mereka berada. Ada banyak proyek dan mimpi yang perlahan namun pasti mulai terbuka jalannya. Banyak orang-orang baru yang dipertemukan dengan saya. Salah satunya adalah Frontroll yang ternyata memiliki visi yang sama dengan Tjung Productions. Dengan bekerja sama pasti akan lebih banyak lagi jangkauan yang bisa dicapai untuk bisa menyampaikan pesan yang baik.

Apa pesan dan harapan Hanson bagi generasi Indonesia ke depannya?

Jangan pernah berhenti berkarya tapi pastikan kalau karya-karya kita selalu memiliki pesan yang baik, benar, dan positif. Kita sering kali mengeluh tentang Indonesia seakan-akan tidak akan pernah menjadi baik. Itu sudah menjadi bukti bahwa kita merindukan perubahan yang baik pada negara kita. Oleh karena itu berilah sesuatu yang positif pada Indonesia. Jangan tunggu sampai keadaan menjadi sempurna untuk berkarya, tapi mulailah dengan apa yang ada pada diri kita saat ini. Semuanya akan ditambahkan ketika kita melakukannya untuk kepentingan bersama!

 


BERITA LAINNYA