John Dumolin, Pria AS Pemenang Kejuaraan Dunia Microsoft Excel | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Jumat | 11 Agustus 2017 14:47:36 WIB

SOSOK / TOKOH

John Dumolin, Pria AS Pemenang Kejuaraan Dunia Microsoft Excel

Rusdi Afrizal - FRONTROLL.COM
John Dumolin, Pria AS Pemenang Kejuaraan Dunia Microsoft Excel
FRONTROLL.COM,- John Dumoulin memenangkan Microsoft Office Specialist World Championship untuk divisi Excel yang digelar di Anaheim, California, Amerika Serikat (AS) awal Agustus 2017. Ia sendiri baru berumur 16 tahun dan masih SMA. sekarang ia dikenal sebagai orang paling jago Microsoft Excel sedunia.

Kompetisi ini mengadu keahlian menggunakan software Microsoft Office, yang di dalamnya termasuk Word, PowerPoint dan Excel. Ketiganya telah menjadi aplikasi spreadsheet wajib yang dipakai di berbagai kalangan, mulai dari siswa sekolah, mahasiswa hingga profesional.

Certiport, lembaga yang menguji dan memberikan sertifikasi program ini, mengumumkan pemenang untuk masing-masing kategori: Word, PowerPoint dan Excel. Dumoulin menarik perhatian karena usianya masih muda.

Selain itu, dia juga menjadi orang AS pertama yang memenangkan kategori Excel, sejak kompetisi ini digelar pertama kali pada 2001. Sebelumnya, kategori ini selalu dimenangkan negara lain, meski AS beberapa kali menang di divisi Word dan PowerPoint dalam kompetisi sebelumnya.

Dikutip frontroll dari CNN, Jumat (11/8/2017), Dumoulin tertarik menggunakan Excel sejak SMP. Saat itu, dia menggunakannya untuk mengerjakan salah satu tugas ilmiah yang banyak mencantumkan statistik dan angka.

"Saya sangat senang bermain dengan angka," ujarnya.

Dia mulai terpikir berkompetisi, setelah beberapa tahun lalu mengikuti sertifikasi Certiport Excel dan mendapatkan nilai tinggi. Sekolahnya pun menerapkan produk Microsoft untuk berbagai tugas sehingga Dumoulin semakin mahir dan terbiasa menggunakannya.

Meski demikian, tidak mudah bagi Dumoulin meraih gelar juara. Dia berkompetisi dengan 560 ribu kandidat dari 122 negara yang mengikuti kejuaraan ini. Untuk kategori Excel sendiri, dia bersaing dengan 150 orang dari 49 negara.

"Awalnya saya tidak terpikir akan menang, karena saya tahu kompetisi ini sangat ketat. Ini adalah salah satu kompetisi terbaik di dunia yang mengadu keahlian orang dari berbagai negara," sebutnya.

Selama kompetisi, peserta diberi waktu 50 menit untuk memperlihatkan keahlian mereka menggunakan Microsoft Word, Excel atau PowerPoint dengan maksimal. Partisipan dipersilakan menggunakan Excel versi 2013 atau 2016 untuk kompetisi yang mereka pilih. Di kompetisi Excel, partisipan diberikan spreadsheet untuk diutak-atik dan dibuat ulang.

Dumoulin sukses mengerjakan tugasnya sehingga keluar sebagai pemenang. Untuk itu, dia diganjar hadiah senilai USD 10.000. Angka ini merupakan total keseluruhan USD 7.000 dari kejuaraan tingkat dunia dan USD 3.000 dari tingkat nasional di Orlando yang dimenangkannya sebelumnya.
BERITA LAINNYA
  • Kisah Sukses Tirto Utomo Bapak Minuman Kemasan AQUA

    SOSOK / TOKOH | 22 Agustus 2017 07:34 WIBSebuah ruangan yang terdiri dari tiga lemari kayu, terpajang rapi berbagai produksi Aqua. Sebuah meja rapat bundar berukuran kecil dan meja kerja mengisi ruangan tersebut. Dari ruangan itulah Tirto
  • Hasil Premier League dan LaLiga, Selasa 22 Agustus 2017

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:53 WIBSejumlah laga sengit dalam lanjutan liga domestik Eropa berlangsung dinihari tadi, Selasa 22 Agustus 2017. Di ajang Premier League dan LaLiga. Di ajang Premier League, Manchester City diimbangi
  • Siman Sudartawa Pecahkan Rekor SEA Games dan Empat Rekornas

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:47 WIBKUALA LUMPUR - Cabang renang berhasil menyumbang 1 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu di hari pertama cabang renang SEA Games 2017 yang berlangsung di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Malaysia,
  • Manchester City Siap Tebus Messi, Apa Kata Barcelona?

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:22 WIBJakarta - Barcelona, yang baru kehilangan Neymar, yakin bahwa Lionel Messi akan segera menandatangani perpanjangan kontrak. Hal itu disampaikan di tengah sorotan, menyusul pernyataan mantan presiden
close