Tips Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Sabtu | 12 Agustus 2017 14:24:32 WIB

EKONOMI

Tips Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru

Rusdi Afrizal - FRONTROLL.COM
Tips Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru
FRONTROLL.COM,- Menikah adalah kewajiban setiap manusia yang harus dilakukan namun dalam pernikahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti mengelola keuangan bersama-sama pasangan. Selain itu, bila masalah keuangan tidak dibicarakan, maka akan menjadi permasalahan termasuk, kredit dan pembagian beban keuangan. Untuk itu, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh pengantin baru agar bisa mengelola keuangannya lebih baik:

1. Buatlah Undang-Undang Perkawinan

Undang-undang perkawinan ini sangat penting dibuat sebelum menikah, yang di mana isinya bisa membahas tentang keuangan. Misalnya, Pertama uang suami adalah uang suami dan uang istri adalah uang suami.

Kedua, Harus saling menghargai orang tua masing-masing pasangan. Jangan dilarang jika ingin berbakti pada orang tua.

2. Menabung untuk masa depan

Masa-masa awal pernikahan memang indah, segalanya terasa menyenangkan. Namun Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Bisa saja masalah pekerjaan akan menghampiri, atau yang paling mungkin, masalah kesehatan yang bisa saja datang.

Sisihkanlah penghasilan Anda atau pasangan untuk ditabung untuk masa depan. Sebutlah dana darurat, yang dapat Anda pakai bila ada masalah seperti itu. Menurut saya yang pas adalah 30 persen dari penghasilan Anda (untuk pendidikan, liburan dan investasi), bila perlu ikutlah asuransi untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

3. Open Mind

Walaupun sudah berkeluarga Anda harus tetap belajar dan membuka pikiran untuk hal-hal yang penting yang membuat Anda jauh lebih sukses dari hari ini. Jadi keluarga bukanlah sebuah hambatan untuk Anda belajar, tapi jadikan keluarga sebagai motivasi untuk Anda belajar. Bagaimana cara belajar? Belajarlah dari yang terbaik karena ketika belajar dari yang terbaik akan membuat kesamaan langkah untuk Anda.

Berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan bagi Anda yang mau menikah. Perubahan keadaan harus diimbangi juga dengan perubahan sikap Anda dalam mengatur keuangan. Dengan cara itu Anda tidak akan dihadapkan dengan masalah keuangan pada keluarga baru Anda. Semoga bermanfaat.
BERITA LAINNYA
  • Kisah Sukses Tirto Utomo Bapak Minuman Kemasan AQUA

    SOSOK / TOKOH | 22 Agustus 2017 07:34 WIBSebuah ruangan yang terdiri dari tiga lemari kayu, terpajang rapi berbagai produksi Aqua. Sebuah meja rapat bundar berukuran kecil dan meja kerja mengisi ruangan tersebut. Dari ruangan itulah Tirto
  • Hasil Premier League dan LaLiga, Selasa 22 Agustus 2017

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:53 WIBSejumlah laga sengit dalam lanjutan liga domestik Eropa berlangsung dinihari tadi, Selasa 22 Agustus 2017. Di ajang Premier League dan LaLiga. Di ajang Premier League, Manchester City diimbangi
  • Siman Sudartawa Pecahkan Rekor SEA Games dan Empat Rekornas

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:47 WIBKUALA LUMPUR - Cabang renang berhasil menyumbang 1 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu di hari pertama cabang renang SEA Games 2017 yang berlangsung di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Malaysia,
  • Manchester City Siap Tebus Messi, Apa Kata Barcelona?

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:22 WIBJakarta - Barcelona, yang baru kehilangan Neymar, yakin bahwa Lionel Messi akan segera menandatangani perpanjangan kontrak. Hal itu disampaikan di tengah sorotan, menyusul pernyataan mantan presiden
close