Rekam E-KTP Beres Tahun Ini : Kemendagri | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Sabtu | 12 Agustus 2017 14:32:27 WIB

NASIONAL

Rekam E-KTP Beres Tahun Ini : Kemendagri

Wenny KT - FRONTROLL.COM
Rekam E-KTP Beres Tahun Ini : Kemendagri
FRONTROLL.COM,- Kementerian Dalam Negeri menargetkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik, atau e-KTP untuk seluruh Warga Negara Indonesia rampung dilaksanakan tahun ini. Hal ini, karena akan ada momentum Pilkada serentak pada 2018, Piplres dan Pileg 2019.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, perampungan KTP elektronik dilakukan untuk  merapikan seluruh data kependudukan. Selain itu, hal itu juga untuk mencegah terjadinya pemilih ganda saat Pilkada serentak pada 2018 dan Pilpres dan Pileg 2019.

Pada Pilkada serentak 2018 yang akan dilaksanakan di 171 daerah itu akan dikuti oleh sekitar 33 persen pemilih dari total jumlah pemilih secara nasional.

"Jadi, target kami tahun ini sudah selesai, karena tahun depan Pilkada serentak berbau Pilpres," kata Tjahjo, saat diskusi Galang Kemajuan dengan tema 'Dinamika Politik dan Undang-undang Pemilu' di Ruang Ksatria Aria Wira, Hotel Century, Senayan, Jakarta, Sabtu 12 Agustus 2017.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, hingga minggu ini sudah ada 94,31 persen yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Sehingga, masih ada sekitar 5,69 persen yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Tetapi, dari jumlah itu masih terdapat sekitar satu juta KTP elektronik ganda. Tjahjo meminta, bagi mereka yang  memiliki KTP ganda, agar memilih salah satunya.

"Target tahun ini selesai. Total yang sudah memiliki e-KTP ini hampir 184 juta," ujarnya.

Tjahjo mengatakan, Kementerian Dalam Negeri sudah mencetak sekitar tujuh juta blanko KTP elektronik. Jumlah itu sudah disebar ke seluruh daerah. Dengan demikian, warga yang belum memiliki KTP elektronik sudah bisa membuatnya ke Dinas Dukcapil dan jajarannya.

Sumber : viva.co.id
BERITA LAINNYA
  • Kisah Sukses Tirto Utomo Bapak Minuman Kemasan AQUA

    SOSOK / TOKOH | 22 Agustus 2017 07:34 WIBSebuah ruangan yang terdiri dari tiga lemari kayu, terpajang rapi berbagai produksi Aqua. Sebuah meja rapat bundar berukuran kecil dan meja kerja mengisi ruangan tersebut. Dari ruangan itulah Tirto
  • Hasil Premier League dan LaLiga, Selasa 22 Agustus 2017

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:53 WIBSejumlah laga sengit dalam lanjutan liga domestik Eropa berlangsung dinihari tadi, Selasa 22 Agustus 2017. Di ajang Premier League dan LaLiga. Di ajang Premier League, Manchester City diimbangi
  • Siman Sudartawa Pecahkan Rekor SEA Games dan Empat Rekornas

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:47 WIBKUALA LUMPUR - Cabang renang berhasil menyumbang 1 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu di hari pertama cabang renang SEA Games 2017 yang berlangsung di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Malaysia,
  • Manchester City Siap Tebus Messi, Apa Kata Barcelona?

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:22 WIBJakarta - Barcelona, yang baru kehilangan Neymar, yakin bahwa Lionel Messi akan segera menandatangani perpanjangan kontrak. Hal itu disampaikan di tengah sorotan, menyusul pernyataan mantan presiden
close