Ini Penyesalan Pembuat Aturan Password | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Sabtu | 12 Agustus 2017 14:35:48 WIB

TEKNOLOGI

Ini Penyesalan Pembuat Aturan Password

Redaksi - FRONTROLL.COM
Ini Penyesalan Pembuat Aturan Password
FRONTROLL.COM,- Dunia komputer sudah khatam dengan banyaknya aturan pembuatan password atau kata sandi agar tak mudah diretas orang tak bertanggung jawab. Namun tak ada yang menyangka jika justru si pembuat aturan terkait password itu telah menyesali rekomendasinya sendiri.

Bill Burr, merupakan orang di balik buku putih aturan pembuatan password yang saat ini telah diadopsi oleh warganet di seluruh dunia. Dia menuliskan aturan itu dalam sebuah publikasi berjudul "NIST Special Publication 800-63. Appendix A".

Tulisan Burr yang diedarkan pada 2003 itu berisi bermacam aturan standar membuat password yang aman. Misalnya, menggunakan lebih dari enam karakter, harus memadukan angka dan huruf serta kapital, serta saran untuk mewajibkan pengubahan password sebanyak satu kali setiap 3 bulan.

Usai dipublikasikan, dilansir melalui Alphr.com, standar baku keamanan password itu langsung diimplementasikan di banyak institusi, tidak hanya pemerintah dan perbankan tapi juga perusahaan swasta sampai individu.

Namun siapa sangka, meski sudah digunakan selama 10 tahun, Burr mengaku menyesali temuannya itu. Menurut dia, apa yang direkomendasikannya merupakan hasil dari apa yang pernah ditulisnya pada 1980, sebelum adanya web.

"Apa yang saya lakukan dahulu, saya menyesalinya karena pada akhirnya, apa yang saya rekomendasikan itu membuat banyak orang tidak mengerti dan mengakibatkan password justru menjadi tidak aman. Saya membuat itu dan tidak berlaku lagi di zaman ini," ujar Burr, yang merupakan mantan manajer dari National Institute of Standards and Technology (NIST).

Menurut Burr, saran-saran yang telah ia tulis untuk mengamankan penggunaan password dianggapnya tidak lagi relevan di dunia teknologi saat ini. Akibatnya, password jadi mudah ditebak. Apalagi pola penggunaan angka untuk menggantikan huruf. Misalnya angka 1 untuk i, atau angka nol untuk O, atau angka 4 untuk For.

Oleh karena itu, institusi tempatnya dahulu bernaung, NIST, sedang membuat panduan baru untuk membuat password yang aman di masa kini. Panduan itu akan dibuat oleh penasihat teknik dari NIST, Paul Grassi, dari awal sekali.

Meski Burr menyesal, Grassi meminta agar warganet tidak menyalahkan Burr. Pasalnya, panduan ala Burr itu sudah bertahan cukup lama.

"Panduannya berhasil membantu orang mengamankan password sejak 2003, diimplementasikan selama 10 sampai 15 tahun. Saya harap bisa memiliki dokumen yang bertahan selama itu," kata Grassi.
BERITA LAINNYA
  • Kisah Sukses Tirto Utomo Bapak Minuman Kemasan AQUA

    SOSOK / TOKOH | 22 Agustus 2017 07:34 WIBSebuah ruangan yang terdiri dari tiga lemari kayu, terpajang rapi berbagai produksi Aqua. Sebuah meja rapat bundar berukuran kecil dan meja kerja mengisi ruangan tersebut. Dari ruangan itulah Tirto
  • Hasil Premier League dan LaLiga, Selasa 22 Agustus 2017

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:53 WIBSejumlah laga sengit dalam lanjutan liga domestik Eropa berlangsung dinihari tadi, Selasa 22 Agustus 2017. Di ajang Premier League dan LaLiga. Di ajang Premier League, Manchester City diimbangi
  • Siman Sudartawa Pecahkan Rekor SEA Games dan Empat Rekornas

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:47 WIBKUALA LUMPUR - Cabang renang berhasil menyumbang 1 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu di hari pertama cabang renang SEA Games 2017 yang berlangsung di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Malaysia,
  • Manchester City Siap Tebus Messi, Apa Kata Barcelona?

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:22 WIBJakarta - Barcelona, yang baru kehilangan Neymar, yakin bahwa Lionel Messi akan segera menandatangani perpanjangan kontrak. Hal itu disampaikan di tengah sorotan, menyusul pernyataan mantan presiden
close