Ubah Rp 500 Ribu Jadi Rp 66 Miliar Tips Investasi Warren Buffet | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Minggu | 13 Agustus 2017 10:26:56 WIB

EKONOMI

Ubah Rp 500 Ribu Jadi Rp 66 Miliar Tips Investasi Warren Buffet

Wenny KT - FRONTROLL.COM
Ubah Rp 500 Ribu Jadi Rp 66 Miliar Tips Investasi Warren Buffet
FRONTROLL.COM,-

Sahabat dekat Warren Buffett, Robert P Miles, memberikan tips atau strategi berinvestasi yang tepat ala Buffet. Warren Buffet dikenal sebagai investor sukses yang memiliki banyak perusahaan besar, termasuk Johnson and Johnson, Kraft, Wells Fargo, Coca-Cola, dan beberapa perusahaan publik lainnya yang memiliki nilai tinggi.

Miles mengatakan, Buffet memiliki cara yang sederhana untuk menghimpun dana. Ia mampu membuat investasi yang hanya sebesar 40 dolar AS kemudian berkembang menjadi 5 juta dolar AS.

"Dulu ia membeli saham Coca-Cola hanya sebesar 40 dolar AS atau kurang lebih Rp 532 ribu (kurs Rp 13.300). Investasi tersebut terus berkembang, di akhir 2015 lalu, dari 40 dolar AS tersebut telah berkembang menjadi 5 juta dolar AS atau Rp 66,5 miliar," ujar Miles dalam Capital Market Community Gathering, di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (12/8).

Bahkan, pada bulan April 2012, dewan Direksi Coca-Cola mengusulkan pemecahan saham dengan nilai 9,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 130 miliar. Dengan aksi korprasi tersebut, Buffett mendapat keuntungan senilai 10,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 133 miliar.

Namun menurut Miles, Buffett cukup waspada, saham Coca-Cola menurutnya tidak akan selalu bertumbuh. Ada risiko-risiko yang mungkin bisa dihadapi.

"Saat itu, risiko yang mungkin bisa dihadapi adalah harga gula naik. Maka dari itu Buffett menyatakan, hal tersebut sangat berbahaya untuk pemasaran Coca-Cola. Anda dapat mencari tahu apa yang akan terjadi, Anda harus tahu apa yang harus difokuskan," katanya.

Miles melanjutkan, sering terjadi investor melakukan investasi dengan jangka pendek. Bahkan para investor tersebut tidak melihat sisi fundamental dari sebuah perusahaan, melainkan hanya memberi analisis teknikal dan menyarankan pembelian berdasarkan bagaimana harga berflukutasi lebih dari 200 hari.

"Buffett melakukan investasi untuk jangka panjang. Ia memberikan pelajaran untuk pebisnis untuk selalu melihat kenyataan dari bisnis. Para pebisnis juga harus memahami waktu yang tepat untuk mewujudkan mimpi," kata Miles.

Sumber : tirto.id

BERITA LAINNYA
  • Kisah Sukses Tirto Utomo Bapak Minuman Kemasan AQUA

    SOSOK / TOKOH | 22 Agustus 2017 07:34 WIBSebuah ruangan yang terdiri dari tiga lemari kayu, terpajang rapi berbagai produksi Aqua. Sebuah meja rapat bundar berukuran kecil dan meja kerja mengisi ruangan tersebut. Dari ruangan itulah Tirto
  • Hasil Premier League dan LaLiga, Selasa 22 Agustus 2017

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:53 WIBSejumlah laga sengit dalam lanjutan liga domestik Eropa berlangsung dinihari tadi, Selasa 22 Agustus 2017. Di ajang Premier League dan LaLiga. Di ajang Premier League, Manchester City diimbangi
  • Siman Sudartawa Pecahkan Rekor SEA Games dan Empat Rekornas

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:47 WIBKUALA LUMPUR - Cabang renang berhasil menyumbang 1 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu di hari pertama cabang renang SEA Games 2017 yang berlangsung di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Malaysia,
  • Manchester City Siap Tebus Messi, Apa Kata Barcelona?

    INTERNASIONAL | 22 Agustus 2017 06:22 WIBJakarta - Barcelona, yang baru kehilangan Neymar, yakin bahwa Lionel Messi akan segera menandatangani perpanjangan kontrak. Hal itu disampaikan di tengah sorotan, menyusul pernyataan mantan presiden
close