FRONTROLL.COM
Rabu | 30 Agustus 2017 17:45:29 WIB

Sosok

Marshal Manengkei Komposer Indonesia Kelas Dunia Ini Tutup Usia

Wenny KT - frontroll.co.id
Marshal Manengkei Komposer Indonesia Kelas Dunia Ini Tutup Usia
frontroll.co.id,-

JAKARTA – Marshal Manengkei, pencipta sejumlah lagu hits dunia, menghembuskan napas terakhir, pada Jumat 25/8 di Jakarta, setelah beberapa hari tak sadarkan diri di RS Medistra, Jakarta.
Lahir di Surabaya 68 tahun silam dengan nama lengkap Marshal Conradt Jules Manengkei dari keluarga asal Tataaran-Koya, Minahasa, Marshal menjulang di blantika musik pop dunia sejak tahun 1960-an. Dimulai saat ia menjadi produser sekaligus pencipta lagu-lagu untuk duet legendaris The Blue Diamonds. Ratusan lagu telah ditelorkan pria yang menapaki awal karir dan hidupnya dengan merangkak penuh derita.

Beberapa di antara gubahannya telah menjadi klasik hingga hari ini di seantero dunia. Misalnya lagu “Song for the Children” yang dipopulerkan Oscar Harris, telah digunakan PBB dan boleh dibilang sudah menjadi ‘lagu kebangsaan’ anak-anak di seluruh dunia. Lagu “Somewhere Between” dan “Story Book Children” dilantunkan oleh Sandra and Andres. Sedang “My Love”, yang dinyanyikan oleh Rosy and Andres, ciptaan bersama Marshal dengan Andres Holten.

Tahun 2012 Marshal yang berkewarganegaraan Belanda ini mewujudkan cita-citanya yakni menjalani sisa hidup di tanah air tercinta. Sejumlah rencana besar dirintisnya buat Indonesia, namun hambatan di negeri sendiri ternyata terlalu besar. Sang pengelana akhirnya menemukan tempat berkarya yang terakhir di Sanggar Bapontar, Jakarta, asuhan Beiby Sumanti. Sampai akhir hayatnya.

BERITA LAINNYA