FRONTROLL.COM
Rabu | 06 September 2017 10:02:12 WIB

Sosok

Inilah Mantan Buruh yang Sekarang Jadi Kaya

Rusdi Afrizal - frontroll.co.id
Inilah Mantan Buruh yang Sekarang Jadi Kaya
frontroll.co.id,- Menjadi sukses kaya dengan harta yang melimpah adalah keinginan semua orang. Namun untuk mencapai sukses tentu tidak semudah dengan apa yang di ucapkan. Sukses adalah sebuah proses dimana seseorang akan mengorbankan semuanya demi sebuah keberhasilan. Tidak ada sukses yang instan karenanya sukses membutuhkan proses yang sangat panjang. Kesuksesan seorang pengusaha selalu di mulai dari hal yang paling kecil. Apalagi mereka yang lahir dari keluarga tak berada dan berhasil menjadi orang yang berada pastinya akan selalu di ingat dan di ikuti oleh banyak orang.

Seperti yang dilakukan oleh mantan buruh berikut ini, walau buruh di awal karirnya namun kini mereka menjelma menjadi salah satu orang terkaya Indonesia punya. Mengawali karir sebagai seorang buruh membuat mereka kuat mentalnya dan menyadari betapa susahnya meraih kesuksesan itu. Lantas bagaima kisah mereka hingga bisa seperti sekarang ini? Berikut ulasan singkat tentang empat mantan buruh terkaya di Indonesia.

Chairul Tanjung Harta Kekayaan 61 Triliun Rupiah

Mantan buruh terkaya di Indonesia pertama kita buka dari sosok pengusaha sekaligus mantan Menko Perekonomian bernama Chairul Tanjung. Beliau merupakan satu diantara deretan orang terkaya di Indonesia saat ini. Sebagai orang kaya beliau juga pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian pada periode 19 Mei 2014-27 Oktober 2014 untuk menggantikan Hatta Rajasa kala itu. Namun nama Chairul Tanjung lebih banyak dikenal sebagai sosok pengusaha sukses terhadap perusahaan CT Corp yang di pimpinnya.

Saat ini sumber kekayaan beliau pun terus bertambah karena induk perusahaan CT Corp nya telah membawahi beberapa anak perusahaan seperti Bank Mega, Trans Corp dan CT Global Resources. Kesuksesan yang saat ini beliau dapatkan ternyata tak semudah yang dibayangkan. Jiwa bisnis sudah tumbuh sejak beliau masih mengenyam pendidikan di bangku kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Seperti pepatah tak ada kesuksesan yang mudah, beragam usaha pernah beliau lakukan dan kebanyakan banyak gagalnya. Namun kegagalan tidak membuat CT panggilan akrabnya menyerah, pria kelahiran 16 Juni 1962 ini terus berjuan dan pada akhirnya bisa seperti sekarang. Saat ini mantan buruh yang satu ini sudah mengumpulkan tak lebih dari total kekayaan mencapai IDR 61 Triliun Rupiah. Fantastis bukan!

Theodore Permadi Rachmat Hartanya IDR 25,4 Triliun

Orang terkaya di Indonesia kedua dengan latar belakang buruh di masa lalunya adalah sosok pria bernama Theodore Permadi Rachmat. Beliau merupakan sosok pengusaha yang mempimpin Grup Astra yang cukuk dominan di Indonesia. Sosok yang lebih sering dikenal dengan TP Rachmat ini menjadi pemimpin Grup Astra yang awalnya di dirikan oleh pamannya sendiri bernama William Soreyadjaya.

Sepanjang karirnya beliau tidak langsung menjadi pemimpin di perusahaan melainkan mulai dari titik terendah dimana ia pernah menjadi sales Astra pada tahun 1968. Setelah lulus kuliah beliau pun tak jauh dari kegiatannya sebagai karyawan. Hingga pada akhirnya di tahun 1972 TP dipercaya untuk mengelola United Tractors yang merupakan anak perusahaan dari Astra hingga tahun 2005 silam.

Setelah itu, dia mendirikan perusahaan sendiri bernama Triputra Group yang bergerak dalam bidang batu bara, karet olahan, manufaktur, perdagangan, agribisnis, hingga dealership motor serta logistik. Bersama saudaranya, ia juga turut andil membesarkan perusahaan tambang batu bara bernama PT Adaro Energy di Kalimantan. Pada 2017, dia sukses menembus peringkat 10 besar orang terkaya di Indonesia setelah pada tahun sebelumnya hanya masuk 20 besar. Saat ini, TP Rachmat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 25,4 triliun.

Husain Djodjonegoro Hartanya IDR 16 Triliun

Kesuksesan yang indah dan berkelas itu ketika di mulai dari hal yang paling bawah, dan inilah yang dilakukan oleh sosok mantan buruh bernama Husain Djodjonegoro yang kini menjelma menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Husain Djodjonegoro merupakan seorang pengusaha sukses yang awalnya adalah seorang salesman. Jiwa bisnis sudah tumbuh sedari kecil. Menjadi salesman ia lakukan dikala usianya kala itu masih 15 tahun, bocah banget!

Jiwa bisnis tumbuh ketika sang Ayah mendirikan usaha keluarga di tahun 1984, pada mulanya bisnis tersebut menjual barang seperti anggur tradisional. Setelah dua tahun berjalan, ayahnya menggandeng Keluarga Lim untuk mendirikan NV Handel Maatschappij May Lian & Co, yang memproduksi anggur tradisional Cap Orang Tua di Semarang. Perusahaan ini menjadi cikal bakal Grup Orang Tua dan ABC di mana kepemilikan Keluarga Husain sebesar 42 persen.

Pada 1959, didirikan PT Everbright Battery Factory yang memproduksi baterai ABC. Husain pun menjadi direktur perusahaan PT International Chemichal Industrial Co. Ltd yang juga memproduksi baterai ABC. Saat ini, harta kekayaan Husain mencapai Rp 16 triliun.

Harjo Sutanto Hartanya IDR 16 Triliun

Terakhir mantan buruh terkaya di Indonesia yang benar-benar sukses dan jadi kaya seperti ini di lakukan dari nol kecil adalah Harjo Sutanto. Beliau merupakan pendiri sekaligus pemilik dari perusahaan Wings yang cukup fenomenal di Indonesia. Perusahaan brand ini sangat terkenal dengan produk sabun cuci piringnya yang banyak di gunakan oleh orang Indonesia.

Sebenarnya, Wings Grup bukan hanya brand sabun cuci saja, melainkan juga merk dagang dari beragam produk rumah tangga, makanan, dan pemeliharaan kesehatan diri. Produknya pun sudah dikenal baik oleh masyarakat. Awalnya Harjo Sutanto memulai bisnisnya dari awal dengan menjual produknya dari pintu ke pintu di Surabaya hingga sukses seperti sekarang ini. Saat ini, harta kekayaan Harjo Sutanto mencapai Rp 16 triliun.
BERITA LAINNYA