Perbedaan Virtual Reality Dengan Augmented Reality | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Sabtu | 09 September 2017 | 07:43 WIB

TEKNOLOGI

Perbedaan Virtual Reality Dengan Augmented Reality

Wenny KT - FRONTROLL.COM
Perbedaan Virtual Reality Dengan Augmented Reality
FRONTROLL.COM,-

Buat beberapa orang yang biasa menggunakannya pasti tidak asing sama nama dua teknologi diatas. Apa kepanjangan dari VR dan AR??  VR itu kepanjangan dari Virtual Reality, dan AR adalah Augmented Reality. Mungkin beberapa orang masih ada yang bingung mebedakan antara Virtual Reality (VR) dengan Augmented Reality (AR). Karena teknologi ini sering dibicarakan dan juga pastinya menunjang pertumbungan ekonomi yang besar, terutama dalam segi bisnis.

Augmented Reality

 


Bagi yang belum mengetahui apa itu AR atau Augmented Reality, teknologi ini nggak jauh beda sama VR sebenernya. Kalo secara pengertiannya , AR adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya dan benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan 3 dimensi yang real.

Dalam AR, pengoperasinya membutuhkan benda tambahan seperti kamera, kacamata AR, webcam atau alat output device seperti monitor atau HMD yang membantu agar benda maya tersebut dapat dijalankan secara real-time. Dalam AR alat tambahan tersebut salah satunya juga digunain untuk memberikan perintah gerak. Bisa dibilang Augmented Reality ini memperkaya penglihatan kita di dunia nyata.

Virtual Reality

 



Sekarang kita masuk ke VR atau Virtual Reality, ini adalah teknologi yang memungkinkan seorang pengguna VR untuk berinteraksi ke dalam suatu lingkungan 3 dimensi yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat seolah-olah penggunanya terlibat secara fisik dalam lingkungan tersebut.

Teknologi dalam VR biasanya dicapai dengan penggunaan headset yang dilengkapi dengan sebuah teknologi canggih untuk menambah realitas imajiner dalam sebuah game atau hiburan. Jadi ketika teknologi VR digunakan, teknologi tersebut akan mengajak lo ke suatu tempat 3D dan bikin kita serasa bener-bener ada di dalam tempat tersebut.

di AR mereka menambahkan dunia nyata dengan benda-benda semu. Sedangkan VR menggantikan kenyataan dunia nyata dengan dunia imajinasi.

Sumber : provoke

BERITA LAINNYA
  • Tokoh Tenar di Balik Saracen

    NASIONAL | 25 September 2017 22:43 WIBJakarta - Polisi meyakini ada tokoh tenar dan partai politik tertentu di balik kiprah Saracen, sindikat yang dituduh menyebarkan fitnah dan berita bohong lewat situs berita dan media
  • Trump Menyatakan Perang Dengan Korut

    INTERNASIONAL | 25 September 2017 22:31 WIBRi Yong-ho, Menteri Luar Negeri Korea Utara, membuat klaim mengejutkan di New York Dia mengatakan seluruh dunia harus 'ingat dengan jelas bahwa itu adalah AS' yang mengumumkan
  • Inilah Cara BEI Dorong Startup Melantai di Pasar Modal

    EKONOMI | 25 September 2017 20:31 WIBPT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong agar perusahaan-perusahaan rintisan (startup) bisa mencatatkan sahamnya di pasar modal Indonesia. Untuk mendorong hal tersebut, BEI yang juga didukung
  • Film Ini Mewakili Indonesia di Ajang Oscar

    GAYA HIDUP | 25 September 2017 18:55 WIBSejak tahun 1984, setiap tahunnya Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) mengirimkan sebuah film di ajang Oscar. Kali ini, film Turah garapan Wicaksono Wisnu Legowo dipercaya bisa menjadi senjata