Weekend Getaway: Main Air di Pahawang | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Senin | 11 September 2017 | 14:10 WIB

PARIWISATA

Weekend Getaway: Main Air di Pahawang

Redaksi - FRONTROLL.COM
Weekend Getaway: Main Air di Pahawang
FRONTROLL.COM,-

Bagi penggemar wisata bahari, nama Pahawang belum lama dikenal. Namun begitu, lokasi wisata yang terletak di Lampung Selatan ini langsung menjadi buah bibir.


Pasalnya, banyaknya spot atau lokasi snorkeling yang penuh terumbu karang dan ikan warna-warni yang seru untuk basah-basahan. Saat ini Pulau Pahawang memang menjadi salah satu weekend getaway yang terhitung baru untuk warga Jakarta.

Pulau Pahawang merupakan sebuah pulau yang temasuk ke dalam wilayah Provinsi Lampung, lebih tepatnya terletak di Kecamatan Punduh Padada. Pulau Pahawang memang pulau yang sangat cocok untuk travellers yang sangat menyukai kegiatan snorkeling atau foto-foto di sekitar pantainya yang masih bersih dengan gradasi warna biru lautnya yang memang luar biasa.

Sebenarnya letak keindahan bukan terletak langsung di Pulau Pahawang melainkan di beberapa tempat atau spot yang berada di sekitar pulau Pahawang. Umumnya para traveler hanya menggunakan Pulau Pahawang sebagai tempat untuk beristirahat atau sekedar meletakkan barang di homestay dan tempat-tempat wisata di sekitar Pulau Pahawang lah yang melengkapi kesenangan dan kegembiraan pengunjung semua.

Ada empat pulau utama di lokasi tersebut, yaitu Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Besar, dan Kelagian Kecil. Setidaknya ada beberapa lokasi snorkeling dan wisata bahari paling populer di Pahawang dan sekitarnya.

Redaksi frontroll.com berkesampatan mengunjungi 5 tempat tersebut. Berikut daftarnya:

1. Pulau Pahawang Besar

 


Merupakan pulau utama. Disini terdapat penduduk, penginapan dan juga fasilitas lainnya. Luas pulau ini kurang lebih 1000 hektar dan di huni oleh kurang lebih 1000 kepala keluarga. Di Pahawang besar sudah terdapat fasiltias umum seperti puskesmas, dan juga sekolah. Biasanya pengunjung yang wisata ke pulau pahawang menginap di pulau Pahawang Besar. Sebagai pulau berpenduduk, Pahawang Besar cocok untuk yang ingin sekedar leyeh-leyeh. Tapi, jangan berharap bersantai bisa sambil main gawai, karena selain listrik hanya ada dari pukul 5 sore sampai 6 pagi saja, disini signal pun sulit. Untuk mendapat signal pengunjung harus ke tepi pantai terlebih dahulu.

2. Taman Nemo

 


Sesuai namanya, spot ini punya banyak anemon yang jadi habitat penangkaran ikan badut (clown fish). Ikan ini menjadi populer lewat film animasi Finding Nemo. Kebanyakan spot penyelaman di Pahawang memang sengaja dibuat. Beton-beton ditenggelamkan dan karang-karang dibudidayakan. Taman Nemo adalah salah satunya.

3. Pahawang Kecil

 


Pulau Pahawang Kecil menawarkan keindahan yg berbeda. Pulau kecil yg memiliki garis pantai yg cukup panjang. Apalagi kalau air laut lagi surut, kita bisa melihat pasir timbul yg panjang hingga ke tengah. Di sini pengunjung juga bisa berenang atau snorkeling, atau sekedar duduk santai sambil menikmati air kelapa muda yg di jajakan para penjual. Banyak pengunjung terlihat menikmati keindahan pulau ini, sambil berfoto-foto. Di ujung pulau tampak beberapa villa dgn design klasik milik orang asing. Dan ternyata, Pulau Pahawang kecil ini pun milik orang asing asal Perancis pemilik villa tersebut.

4. Kelagian Kecil
Kelagian Kecil adalah pulau tak berpenghuni di sebelah Kelagian Besar. Digadang-gadang di pulau ini adalah tempat paling asyek untuk menikmati sunset di sekitaran pahawang. Selain itu, di pulau ini wisatawan bisa mencoba olahraga air seperti banana boat dan donut boat.Di sekitar Pahawang Kecil yang berpasir putih itu pula terdapat beberapa area snorkeling berair jernih. Hanya, wisatawan harus berhati-hati, karena tak jauh dari pesisir terdapat palung yang cukup dalam. Snorkeling sebaiknya dilakukan hanya di sekitar pantai.

5. Tanjung Putus

 


Pulau kecil yang satu ini memang lokasinya sangat berdekatan dengan Pahawang. Dan ditambah lagi, pemandangan yang bisa disaksikan di Tanjung Putus tidak kalah indahnya dengan di Pahawang. Kalau enggan nyemplung, bisa juga bersantai di pinggir pantai sembari memberi makan ikan. Pulau Tanjung Putus Lampung ini juga dikenal sebagai salah satu lokasi budidaya terumbu karang dan berbagai jenis ikan laut. Berbekal remahan roti, Anda pun dapat melakukan aktivitas yang asyik memberi makan ikan-ikan kecil. Namun jangan sekali-kali memancing atau menyerok ikan dengan bak karena tidak berperihewani.

BERITA LAINNYA