Yang Bocor Dari iPhone 8: iPhone X, Animoji Hingga Pengenalan Wajah | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Senin | 11 September 2017 | 23:14 WIB

TEKNOLOGI

Yang Bocor Dari iPhone 8: iPhone X, Animoji Hingga Pengenalan Wajah

Wenny KT - FRONTROLL.COM
Yang Bocor Dari iPhone 8: iPhone X, Animoji Hingga Pengenalan Wajah
FRONTROLL.COM,- Detail iPhone generasi terbaru dan perangkat keras Apple yang akan diluncurkan pada 12 September bocor dan dimuat di dua situs teknologi, yang disebut sebagai salah satu 'kebocoran Apple' terbesar.

Apple dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang sangat ketat menjaga rincian produk yang tengah dikembangkan atau yang akan diumumkan.

Menurut data yang bocor tersebut, ada kode yang mengacu iPhone X di samping dua perangkat iPhone 8 baru. Ada pula rincian soal teknologi pengenalan wajah yang berfungsi baik sebagai sistem pengenal maupun untuk memetakan ekspresi pengguna ke emoji.

Apple mengadakan acara peluncuran di kantor pusat barunya pada Selasa (12/09).

Perusahaan yang berbasis di California ini berusaha keras merahasiakan teknologinya sampai acara pertunjukkannya, dan CEO Tim Cook mengatakan pada 2012 tentang kebutuhan untuk "melipatgandakan" kerahasiaan.

Meski demikian, beberapa rincian tentang perangkat baru terungkap pada bulan Agustus, ketika Apple menerbitkan beberapa kode uji untuk produk pengeras suara mereka HomePod.

Soal kebocoran terbaru, ada yang mengatakannya sebagai tindakan sabotase yang disengaja.

"Yang bisa saya pastikan, perangkat ini tersedia untuk diunduh oleh siapa saja, namun dihalangi oleh URL (alamat web) yang panjang dan tidak dapat ditebak," tulis John Gruber, seorang blogger yang terkenal dengan liputannya tentang Apple.

"Orang dalam di Apple membocorkan daftar URL ke situs 9to5Mac dan MacRumors . Saya hampir yakin ini bukanlah suatu kesalahan, melainkan tindakan jahat yang disengaja oleh pegawai Apple yang nakal."

Baik Gruber maupun kedua situs terkait Apple itu tidak mengungkapkan sumber mereka

Face ID

Meski begitu, BBC telah secara independen mengkonfirmasi bahwa sumber anonim yang menyediakan publikasi dengan tautan ke kode master emas ( Golden Master , GM) iOS 11 yang mengunduh perangkat lunak dari server komputer Apple sendiri.

GM adalah terminologi yang biasa digunakan oleh perusahaan perangkat lunak untuk mengindikasikan bahwa mereka yakin satu versi dari produk siap untuk dirilis.

"Lebih banyak kejutan yang dikeluarkan bocoran ini dibandingkan bocoran lain dalam sejarah Apple," tambah Gruber.

Apple tidak dapat dihubungi untuk berkomentar.

Beberapa pengembang masih menjelajahi bocoran untuk fitur-fitur baru, namun beberpa temuan sampai saat ini termasuk:

Ini kedua kalinya dalam tiga bulan perusahaan tersebut tampaknya dicurangi dengan sengaja oleh seorang pekerja.

Pada Juni, rekaman rapat internal selama satu jam -ironisnya tentang menghentikan pembocor- dikirimkan ke situs berita Outline .

Terungkap bahwa Apple telah mempekerjakan mantan pekerja dari Badan Keamanan Nasional (National Security Agency, NSA) AS, FBI dan Pasukan Pengamanan untuk membantu menangkap para pembuka rahasia itu.

"Saya memiliki keyakinan di dalam jiwa saya bahwa jika kita mempekerjakan orang-orang cerdas, mereka akan memikirkan hal ini, mereka akan mengerti hal ini, dan akhirnya mereka akan melakukan hal yang benar, dan itu adalah menutup mulut mereka," kata satu eksekutif senior Apple.

Seorang pengamat perusahaan mengatakan bahwa skala kebocoran tersebut berarti acara peluncuran pada Selasa menjadi kurang mengejutkan.

 "Akan ada usaha yang luar biasa di Apple untuk menentukan bagaimana ini terjadi dan saya tidak iri pada orang yang melakukannya karena tidak akan ada pengampunan untuk itu," komentar Ben Wood dari konsultan teknologi CCS Insight.

Namun dia menambahkan bahwa hal itu mungkin tidak mempengaruhi penjualan atau minat pada perangkat baru tersebut.

"Bagi perusahaan lain, hal ini mungkin berdampak besar pada efektivitas peluncuran resmi mereka yang besar, namun bagi Apple, ada permintaan yang tak terpuaskan bahkan untuk rincian terkecil dan penggemar obsesif yang mengikuti produk-produk mereka sehingga bahkan bocoran yang sangat rinci hanya akan sedikit meredam antusiasme para blogger dan lainnya untuk melaporkan beritanya," katanya.

Sumber : tribunews.com


BERITA LAINNYA