Connect with us

Basket & Atletik

Mengenal Sosok Sederhana Lalu Muhamad Zohri, Juara Dunia Lari 100 Meter

Mengenal Sosok Sederhana Lalu Muhamad Zohri, Juara Dunia Lari 100 Meter

Lalu Muhamad Zohri Pemuda kelahiran 1 Juli 2000 asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil mengukir prestasi dengan menjuarai ajang International Association Of Athetics Federation (IAAF) U20 nomor 100 meter putra yang berlangsung di Finlandia

Zohri meraih emas dengan catatan waktu 10,8 detik setelah menyelesaikan lari 100 Meter putra. Kemenangan Zohri Patut dibanggakan, pasalnya ia sudah mengharumkan nama Indonesia dimata Internasional.

Kini nama Lalu Muhamad Zohri sangat populer, istilah bekennya “Viral” di sejumlah media maenstream maupun sosial. Nama Zohri sangat dieluh-elukan oleh masyarakat Indonesia, Pejabat, Politisi dan berbagai macam latar belakang.

Zohri Viral di Media sosial Instagram

Tidak banyak yang menyangka dibalik gemilangnya Zohri, ia adalah sosok pemuda yang sederhana, tenang, tidak banyak bicara dan disiplin.

Seperti apa sosok Zohri? Berikut fakta tentang Zohri

1. Berasal dari keluarga Sederhana


Zohri bertempat tinggal di rumah yang sederhana yang terbuat dari anyaman bambu yang berlubang dan keropos.

2. Prestasi Zohri

pada tahun 2017 Zohri mengumpulkan 7 emas di berbagai kejuaraan nasional

3. Kelahiran Lombok, Nusa Tenggara Barat

Zohri (18) lahir pada 1 Juli 2000, berasal dari Lombok, NTB. Keluarganya bermukim di Dusun Karang Pansor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Zohri putra bungsu dari pasangan almarhumah Saeriah (meninggal pada 2015) dan almarhum Lalu Ahmad Yani (meninggal pada 2017). Ia tinggal bersama dua kakaknya, Baiq Fazilla (29) yang bekerja sebagai juru masak, dan Lalu Makrib (28) yang bekerja serabutan. Satu orang kakak Zohri, Baiq Fuzianti, telah meninggal dunia.

4. Pendidikan Zohri

  • Sekolah Dasar Negeri 2 Pemenang Barat
  • Sekolah Menengah Pertama 1 pemenang
  • Sekolah Menengah Atas 2 Mataram

5. Latihan Lari Zohri di Pantai

Lalu Muhamad Zohri memiliki bakat lari sejak SMP, Ia biasa berlatih lari di Pantai Pelabuhan Bangsal, Pemenang.

6. Zohri akan menerima bantuan dari pemerintah

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, pemerintah akan memberikan hadiah kepada Zohri berupa bonus beasiswa. Hal senada juga disampaikan Gubernur NTB TGB Zainul Majdi.

Pemerintah Provinsi NTB akan memberikan bantuan berupa modal wirausaha untuk menjamin masa depan atlet saat tidak lagi berlaga.

Sementara pihak Pemerintah Kabupaten Lombok Utara akan membangunkan satu rumah untuk Zohri dan saudaranya. Banyak pula pihak yang ingin turut berkontribusi, misalnya Kementerian Dalam Negeri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Basket & Atletik